Museum Karst Wonogiri,Museum Kars Terbesar Di Asia Tenggara

Museum Karst Wonogiri atau juga disebut Museum Karst  Indonesia, adalah salah satu dari sekian banyak museum menarik yang ada di Indonesia. Sembari kalian mengunjungi tempat wisata Wonogiri yang lainnya sempatkan mampir sejenak di museum Karst ini.

Karst atau Kars adalah sebuah sebutan yang berasal dari bahasa Bosnia, albania dan sekitarnya yang dulu negara tersebut bernama Yugoslavia. Karst sendiri terdiri dari beberapa sedimen yang gampang larut atau sering kita sebut batuan gamping. 

Bagi kalian yang suka piknik tapi bosan dengan pantai, gunung atau tempat lainnya, kalian harus sesekali mencoba untuk mengunjungi museum, untuk menambah wawasan serta ilmu. Karena seperti yang kalian tau, keinginan masyarakat terutama anak muda untuk mengunjungi museum bisa dibilang masih sangat kurang.
Museum Karst Pracimantoro, Wonogiri
Instagram  @hmxma
Museum Karst Indonesia ini terletak di Desa Gebangharjo Pracimantoro, Wonogiri, Jawa Tengah. Kawasan Wonogiri ini selain terkenal dengan Waduk Gajah Mungkurnya, ternyata juga terkenal dengan bentangan perbukitan karst yang cukup panjang. 

Selain itu di Wonogiri juga terdapat banyak sekali goa-goa alami yang masih alami. Hal-hal tersebutlah yang mendasari mengapa museum Karst ini dibangung di Wonogiri dan diresmikan oleh bapak Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2010 yang lalu.

Pemilihan tempat di desa Gerbangharjo, Pracimantoro ini bukanlah asal-asalan. Meskipun lokasinya cukup jauh dari pusat kota Wonogiri, tetapi kawasan Pracimantoro ini merupakan kawasan pegunungan karst dan juga masih banyak goa-goa alami di sana. 

Akses Menuju Museum Karst Wonogiri  

Untuk mencapai lokasi museum Karst ini bisa dibilang cukup mudah, karena lokasinya berada di dekat jalan utama Pracimantoro. Jalannya juga cukup bagus karena termasuk jalan untuk menuju ke pacitan Jawa Timur. Kurang lebih rutenya seperti dibawah ini :

Rute Museum Karts dari Solo

Solo- Sukoharjo- Wonogiri- Pracimantoro- Museum Karst Indonesia

Atau biar kalian makin yakin silahkan ikuti peta penunjuk jalan menuju Museum Karst di bawah ini : 



Tidak hanya semata-mata tentang karst. Tetapi di dalam museum kita juga dapat mengenal manusia-manusia purba yang hidup di area goa-goa karst dan kita juga di suguhkan film tentang karst agar kita semakin paham seperti apa Karst itu.

Baca Juga : Bukit Cumbri, Wisata Menarik dengan Hamparan Bukit di Ujung Wonogiri
Museum Karst Pracimantoro, Wonogiri
Instagram @nanion2603
Tiket Masuk Museum Karst Indonesia

Tiket masuk museum Karst ini bisa dibilang murahnya sangat kebangetan. Untuk tiket masuk di hari biasa kalian hanya merogoh kocek sebesar Rp 2.100 saja. Sedangkan hari minggu kalian harus membayar Rp 3.100.

Disarankan membawa kendaraan pribadi untuk mengunjungi tempat ini, karena lokasinya jauh dari penduduk dan sedikit angkutan umum. Jika kalian terpaksa menggunkan angkuan umum seperti bus kalian bisa memanfaatkan jasa ojek untuk mengantar kalian ke museum Karst ini.

Tidak ada salahnya mencoba obyek wisata yang memiliki tingkat edukasi yang tinggi seperti Museum Karst Indonesia ini. Selamat Berlibur.

Baca Juga Artikel tentang tempat wisata di Wonogiri Lainnya :




Museum Karst Wonogiri,Museum Kars Terbesar Di Asia Tenggara Museum Karst Wonogiri,Museum Kars Terbesar Di Asia Tenggara Reviewed by panorlens on 11:45 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.