10 Tempat Wisata Di Wonogiri Yang Asik Untuk Kalian Kunjungi

Tempat Wisata di Wonogiri ?

panorlens.com - Mungkin sebagian besar dari kalian akan mempertanyakan hal tersebut. Karena bisa dibilang Wonogiri sendiri tidak terlalu populer dalam masalah tempat wisata. Tetapi pada kenyataannya Kota Wonogiri ini memiliki tempat wisata yang sangat komplit. Baik berupa Gunung, Pantai, bahkan di Wonogiri juga terdapat Museum. Jika kalian masih tidak percaya silahkan simak daftar 10 Tempat Wisata Di Wonogiri di bawah ini : 

1. Bukit Cumbri Wonogiri


Bukit Cumbri adalah salah satu tempat wisata yang sedang digandrungi wisatawan terutama oleh para anak muda di wilayah Wonogiri dan sekitarnya. Bukit Cumbri sendiri berada di perbatasan antara Kabupaten Wonogiri dengan Kabupaten Ponorogo.

Daya tarik utama dari Bukit Cumbri ini adalah pemandangan hamparan bukit yang sangat indah. Dari puncak Cumbri kalian dapat menikmati Sunrise dan Sunset, karena puncak Bukit Cumbri berada paling tinggi diantara bukit-bukit lainnya. 

Bagi kalian para pencinta kegiatan out door kalian bisa menggunkan Bukit Cumbri untuk Camping atau untuk kalian berlatih mendaki sebelum melakukan pendakian ke Gunung yang lebih tinggi. Untuk informasi lebih detail mengenai akses jalan dan lainnya bisa kalian baca di Bukit Cumbri, Wisata Menarik Dengan Hamparan Bukit di Ujung Wonogiri

2. Bukit Gantole Wonogiri


Bukit Gantole Wonogiri pada dulunya lebih terkenal sebagai tempat para atlet paralayang berlatih sebelum mengikuti kejuaraan. Pada beberapa kesempatan, Bukit Gantole ini juga pernah dijadikan tempat untuk menyelenggarakan kejuaraan paralayang. Namun seiring berjalannya waktu, keindahan pemandangan dari atas bukit ini ternyata sangat indah menjadi magnet yang kuat bagi masyarakat untuk mengunjunginya.

Dari atas bukit kalian dapat menikmati waduk Gajah Mungkur yang terkenal itu dari ketinggian. Ditambah hembusan angin yang cukup kuat akan membuat kalian merasa nyaman diatas sana. Untuk info bukit gantole selengkapnya silahkan baca di Bukit Gantole Wonogiri, Tempat Terbaik Melihat Kota Wonogiri Dari Ketinggian

3. Waduk Gajah Mungkur
Milik solo.tribunnews.com
Tempat Wisata di Wonogiri selanjutnya adalah Waduk Gajah Mungkur. Waduk ini selain berguna sebagai sumber irigasi dan pembudidayaan ikan. Waduk ini juga diperuntukan menjadi sebuah obyek wisata andalan di Kabupaten Wonogiri. Di kawasan Waduk juga dibentuk wahana air seperti water boom. Juga ada banyak hewan-hewan yang dipelihara di kawasan ini dengan tujuan pendidikan, jadi jangan kaget ketika kalian sedang jalan-jalan akan bertemu dengan gajah atau kuda.

4. Soko Gunung Wonogiri

Instagram @sokogunung
Soko Gunung ini salah satu obyek wisata yang sedang naik daun di Wonogiri. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Bukit Gantole membuat tempat ini cepat dikenal di masyarakat. Dari gardu pandang soko gunung kalian akan mendapati keindahan kota wonogiri dari ketinggian. Jika kalian mengunjungi tempat ini pada pagi hari, kalian akan disambut oleh indahnya sunrise dan lautan awan sepanjang mata memandang.

Tempat ini juga bisa kalian jadikan tempat camping bersama teman-teman, tetapi sebelum memulai kegiatan camping sebaiknya kalian meminta izin kepada warga sekitar yang mengelola tempat ini terlebih dahulu. Kalian bisa baca tentang keindahan soko gunung di sini

5. Museum Karst
Foto setiawanwendy65.blogspot.co.id/
Kalian mungkin tidak akan percaya jika Wonogiri punya museum Karst terluas di Asia Tenggara. Museum yang berada di wilayah Pracimantoro Wonogiri ini akan menambah wawasan kalian tentang karst. Di dalam museum, kalian akan mendapatkan banyak informasi tentang karst dan manusia-manusia purba yang memulai hidup di daerah Karst.

Untuk menikmati dan menambah wawasan di museum karst ini kalian hanya merogoh kocek sebesar Rp 2.000 pada hari biasa, sementara pada weekend kalian hanya membayar Rp. 3.000 saja, murah sekali bukan. 

6. Pantai Nampu
Milik Instagram @ckayurp
Seperti yang kami katakan di awal, Wonogiri memiliki tempat wisata berupa pantai. Pantai Nampu wonogiri ini sangat indah berpasir putih dengan desiran ombak yang cukup besar seperti karakteristik pantai di selatan pulau Jawa. 

Pantai ini berada di kawasan Paranggupito, Wonogiri. Aksesnya masih sedikit sulit karena pantai ini cukup jauh dari pusat kota Wonogiri dan tidak ada kendaraan umum yang dapat menjangkau Pantai Nampu ini. Tetapi usaha dan perjuangan kalian untuk mencapai tempat ini akan terbayarkan ketika menjumpai keindahan Pantai yang satu ini.

7. Pantai Sembukan
Instagram @whynda_widyati
Pantai Sembukan masih berada di dekat dari pantai Nampu. Tetapi kalian tidak akan menemukan pasir putih di pantai ini. Di Pantai Sembukan kalian akan menemui bebatuan dan langsung menghadap ke Samudra Hindia yang ganas.

Berbeda dengan Pantai Nampu yang cocok untuk berwisata dan bermain air, di Sembukan ini sangat pas buat kalian yang punya hoby memancing, karena telah disediakan beberapa spot memancing ikan oleh pengelola.

8. Air Terjun Binangun Watu Jadah
Foto dhennyeka.blogspot.co.id

Air terjun Binangun Watu Jadah ini salah satu tempat wisata yang sedikit kurang terkenal di wonogiri dan masih sangat sepi. Lokasi air terjun ini berada di Girimulya Wonogiri. Air terjun ini memiliki ketinggian hampir mencapai 40 meter. Dengan ketinggian seperti itu kalian akan mendengankan gemercik suara air yang akan menenangkan jiwa kalian. Lokasinya yang masih berada di tengah hutan yang terjaga kealamiannya membuat kalian akan merasa betah berlama-lama di air terjun Binangun Watu Jadah ini

9. Goa Putri Kencana
Foto : guspurnomoarea.blogspot.co.id
Goa Putri Kencono ini terletak di kecamatan Pracimantoro. Goa ini salah satu Goa Karst yang ada di daerah Pracimantoro. Di dalam goa, kalian akan menemukan banyak sekali stalaktit dan stalakmit yang menghiasi dinding goa. 

Konon ceritanya Goa Putri Kencono ini memiliki aura mistis sendiri, karena pada jaman kerajaan dahulu goa ini dijadikan salah satu tempat pertapaan Raja Brawijaya V. Tempat ini juga menjadi salah satu tujuan wisata spiritual oleh masyarakat. Silahakan baca Goa Putri Kencana untuk informasi yang lebih detail

10. Hutan Pinus Wonoasri Seper
Foto : wonogirimendunia.blogspot.co.id
Tempat Wisata di Wonogiri yang terkahir adalah Hutan Pinus Wonoasri. Hutan Pinus ini memang tidak setenar hutan pinus di Imogiri Jogja, tetapi untuk keindahannya jangan diragukan lagi. Pada akhir-akhir ini hutan Pinus Wonoasri ini semakin sering dikunjungi wisatawan, terutama anak-anak muda.

Huta Pinus Wonoasri ini terletak di Kecamatan Jatipuro. Untuk memasuki Hutan Pinus ini kalian hanya dikenakan biaya sebesar Rp 4.000 saja. Dalam wilayah hutan pinus ini juga terdapat wahana permainan yang asik untuk dicoba. Kalian bisa bermain flying fox dan ada juga outbound di sana. dijamin liburan kalian akan mengasyikan.

Demikian daftar tempat wisata di Wonogiri. Rata-rata tempat wisata di Wonogiri ini masih memiliki harga tiket masuk yang murah, jadi sangat pas bagi kalian yang suka traveling dengan biaya pas-pasan tetapi tetap ingin liburan secara maksimal.

Jika kalian tau tempat wisata menarik yang ada di wonogiri lainnya, silahkan berkomentar di bawah agar makin banyak orang yang tau keindahan tempat wisata di Wonogiri.

Udah nggak usah terlalu lama rencananya,langsung berangkat aja !!

Selamat Berlibur !

10 Tempat Wisata Di Wonogiri Yang Asik Untuk Kalian Kunjungi 10 Tempat Wisata Di Wonogiri Yang Asik Untuk Kalian Kunjungi Reviewed by panorlens on 13:56 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.