Pantai Nampu, Pantai Cantik Yang Tersembunyi Di Wonogiri

Pantai Nampu Wonogiri adalah salah satu dari sekian banyak pantai yang ada di pesisir laut selatan. Keunikan yang khas dari laut selatan Jawa adalah ombaknya yang besar dan bentuk banyak karang-karang di pantainya. 

Seperti yang telah kami jelaskan di 10 Tempat Wisata Wonogiri, kota yang satu ini memang memiliki tempat wisata yang sangat komplit, dari bukit, waduk hingga laut. Salah satu yang menjadi andalannya adalah Pantai Nampu ini.

Pantai Nampu Wonogiri
Instagram @ckayurp
Pantai Nampu ini terletak di ujung paling selatan Kabupaten Wonogiri. Lokasi tepatnya Pantai Nampu ini berada di desa Dringo, Paranggupito, Wonogiri, kurang lebih berjarak 2 jam dari pusat kota Wonogiri. 

Hal yang menarik dari pantai ini adalah pasir putihnya yang membuat komposisi pantai ini makin cantik. Garis pantai nampu ini juga cukup panjang yang akan membuat kalian puas berlari-larian di sana.

Keindahan pantai Nampu ini masih sangat jarang diketahui oleh orang, karena memang masih kalah tenar jika dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Meskipun begitu, dijamin kalian tidak akan bosan saat mengunjungi Pantai Nampu ini.

Akses Menuju Pantai Nampu

Rute pantai Nampu ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Berbeda dengan pantai di Gunung Kidul yang memiliki penunjuk jalan yang cukup jelas, Pantai Nampu ini masih minim penunjuk jalan. Tapi tenang, akan kami bisikin rute jalan menuju Pantai Nampu ini.

Akses Pantai Nampu Dari Solo :

Solo - Sukoharjo - Wonogiri - Pracimantoro - Paranggupito - Nampu 

Akses Pantai Nampu dari Pacitan :

Pacitan - Baturono - Paranggupito - Nampu

Biar kalian makin jelas, bisa mengikuti peta rute pantai nampu di bawah ini : 


Perlu diingat, jalan menuju pantai Nampu ini sangat sempit dan berkelok-kelok. Pastikan pula bensin kalian cukup untuk mencapai pantai ini dan pulang kembali ke Kota, karena di kawasan pantai nampu tidak akan kalian dapati pom pengisian bahan bakar.

Beberapa orang bilang pantai Nampu ini masih perawan, alias masih bersih dan terawat. Tetapi jangan sampai kalian datang ke Nampu kemudian malah mengotori kesucian pantai ini.

Pantai ini ternyata masih memiliki 2 pantai rahasia lagi, yaitu di sebelah barat pantai utama nampu ini. Untuk mencapai pantai tersembunyi itu kalian harus menyusuri jalan setapak terlebih dahulu.


Pantai Nampu Wonogiri
Instagram @nana.podungge
Pemandangan pertama yang kalian dapati saat setelah memakirkan kendaraan kalian adalah seperti foto di atas. Untuk mencapai pantainya, kalian harus menuruni beberapa tangga terlebih dahulu, karena memang pantai nampu ini berada di bawah tebing yang cukup tinggi.

Harga Tiket Masuk Pantai Nampu 

Karena sekarang sudah mulai dikelola dengan baik, untuk memasuki kawasan pantai nampu ini kalian hanya diwajibkan membayar tiket sebesar Rp 2.000 saja. Ditambah dengan membayar parkir Rp 2.000 untuk motor sedangkan Rp 5.000 untuk mobil. Murah banget kan

Jadi, jika kalian butuh tempat wisata alternatif yang berbeda silahkan coba untuk mengunjungi pantai Nampu ini. Selamat berlibur !

Baca Juga Artikel tentang tempat wisata di Wonogiri Lainnya :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pantai Nampu, Pantai Cantik Yang Tersembunyi Di Wonogiri"

Post a Comment