Pantai Sembukan Wonogiri, Pantai Cantik dengan Cerita Mistis

Pantai Sembukan Wonogiri adalah salah satu pantai yang cukup terkenal dan menjadi tujuan wisata di kawasan Wonogiri dan sekitarnya. Pantai dengan ombak besar khas pantai selatan ini akan membuat kalian sedikit ngeri untuk mendekat.

Keindahan Pantai Sembukan ini memang tidak perlu diragukan lagi, tetapi dibalik keindahannya banyak sekali mitos yang ada di pantai ini. Salah satunya berhubungan dengan Ratu Pantai Selatan yang terkenal itu.

Instagram @puspitapuspita
Pantai Sembukan ini sangat populer bagi para pemancing yang senang mencari ikan-ikan besar. Beberapa tempat di atas tebing pantai Sembukan ini juga sudah dipersiapkan khusus bagi mereka yang suka dengan hobi memancing. Selain di tebing, bagi mereka yang ingin memancing di tengah laut juga bisa menyewa perahu nelayan sekitar untuk digunakan memancing ke tengah laut.

Lokasi Pantai Sembukan Wonogiri ini tidak jauh dari Pantai Nampu. Pantai Sembukan ini berada di Desa Sembukan, Paranggupito, Wonogiri. Kurang lebih jarak menuju pantai Sembukan ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam jika ditempuh dari kota Wonogiri.

Bisa dibilang Pantai Sembukan ini terletak di tempat yang terpecil dan ditutupi banyak bukit-bukit. Tetapi akses jalan menuju ke Pantai Sembukan ini cukup mudah karena penunjuk jalan sudah banyak terpampang. Bahkan fasilitas di pantai ini lebih lengkap daripada di Pantai Nampu.

Akses Menuju Pantai Sembukan

Akses menuju pantai sembukan ini sama dengan akses menuju pantai Nampu. Tetapi nanti ada sebuah pertigaan yang memisahkan kedua pantai tersebut. Jika kalian ke kiri kalian akan ke Pantai Nampu, lurus untuk ke pantai Sembukan dan kanan untuk ke Pantai Sadeng.

Rute Pantai Sembukan jika diakses dari Solo :

Solo - Sukoharjo - Wonogiri - Pracimantoro - Paranggupito - Pantai Sembukan

Untuk lebih jelasnya kalian bisa mengikuti peta rute Pantai Sembukan di bawah ini : 


Mitos Pantai Sembukan yang beredar di masyarakat luas yaitu, pantai ini adalah gerbang Nyi Roro Kidul untuk menuju ke kraton Surakarta. Karena memang pada saat-saat tertentu dilakukan upacara khusus di tempat ini.

Selain itu beberapa pemancing yang suka memancing di malam hari sering menemui penampakan ganjil di sekitaran pantai Sembukan ini. Mereka seperti di awasi banyak orang tetapi pada saat di cari ke sekeliling tetap tidak ada orang satu pun.

Tidak hanya pantai dan deburan ombaknya yang eksotis, Sunset dari Pantai Sembukan ini juga ciamik.

Instagram @wiwinwardan
Harga Tiket Masuk Pantai Sembukan

Untuk menikmati keindahan Pantai Sembukan dengan hamparan karang cantiknya ini kalian hanya diwajibkan membayar tiket sebesar Rp 3.000 saja. Tiket tersebut sangatlah murah dibandingkan kecantikan pemandangan alam yang ada di Pantai Sembukan ini.

Ketika kalian sampai di Pantai Sembukan ini jangan berfikir untuk berenang di pantai ini. Karena cukup berbahaya selain ombak yang besar, karang-karang pantai ini juga cukup tajam. Menurut kami, kalian cukup duduk-duduk santai di tebing dengan meminum es kelapa muda dijamin kepenatan kalian akan segera hilang.

Pantai Sembukan ini akan jadi kesan tersendiri buat kalian, hamparan tebing dan karang-karangnya serta spot-spot yang jarang ditemui di pantai-pantai lain serta cerita mistisnya akan sangat seru untuk diulik dan meninggalkan kesan yang mendalam.

Selamat Berlibur !

Baca Juga Artikel tentang tempat wisata di Wonogiri Lainnya :

Pantai Sembukan Wonogiri, Pantai Cantik dengan Cerita Mistis Pantai Sembukan Wonogiri, Pantai Cantik dengan Cerita Mistis Reviewed by panorlens on 10:41 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.