Goa Putri Kencana Wonogiri, Tempat Bertapanya Raja Brawijaya V

Goa Putri Kencana Wonogiri, terletak di desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro. Banyak mitos yang menyelimuti Goa Putri Kencana ini. Meski begitu, banyak orang yang tertarik mengunjungi Goap Putri Kencana ini diakrenakan keindahan yang ada di dalam goa. Karena Keindahannya, Goa Putri Kencana yang terletak di Pracimantoro ini menjadi salah satu tempat wisata di Wonogiri yang cukup ramai dikunjungi.

Goa Putri Kencana Wonogiri Pracimantoro
Foto : guspurnomoarea.blogspot.co.id
Keindahan Goa Putri Kencana ini seharusnya sejajar dengan keindahan goa-goa yang terkenal lainnya di Indonesia, tetapi kurangnya perhatian untuk memberdayakan kawasan goa ini agar lebih menarik untuk dikunjungi menyebabkan Goa Putri Kencana ini seakan kurang populer.

Jika dilihat ke dalam goa yang memiliki luas sekitar 1000 meter persegi ini memiliki keindahan yang luar biasa. Pahatan dan lekukan alami yang ada di dalamnya akan membuat kalian berdecak kagum. Di dalam Goa Putri Kencana ini juga banyak ditemu stalaktit dan stalakmit yang masih aktif.

Sejak tahun 1991 sebenarnya goa Putri Kencana ini sudah ditemukan. Tetapi lagi-lagi kurangnya perhatian untuk mengelola Goa yang indah ini yang menyebabkan namanya kurang dikenal hingga sekarang.

Asal usul nama Goa Putri Kencana yaitu berasal dari pemuka desa pada jaman dahulu. Beliau menyebutkan bahwa di Gunung daerah Gao Putri Kencana ini bersemayam seorang wanita cantik yang mengenalak dirinya dengan nama Putri Kencana. Sejak saat itu goa ini diberi nama Goa Putri Kencana.

Tiket Masuk Goa Putri Kencana

Untuk memasuki area Goa Putri Kencana ini kalian hanya harus merogoh kantong sebesar Rp 2.100 saja. Itu sudah termasuk asuransi. Murah sekali bukan.

Akses Menuju Goa Putri Kencana

Lokasi Goa Putri Kencana ini berada di wilayah Pracimantoro, Wonogiri. Jika kalian dari Kota Wonogiri kalian harus mencari arah Pracimantoro terlebih dahulu. Jarak Wonogiri - Pracimantoro kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam perjalanan. Lokasi Goa Putri Kencana ini tidak jauh dari lokasi SMPN 4 Pracimantoro. Jika masih bingung dan membutuhkan arah yang lebih jelas, kalian bisa mengikuti Peta menuju Goa Putri Kencana di bawah ini : 


Menurut Bapak Wasino yang menjadi juru kunci di Goa Putri Kencana ini menuturkan bahwa sebelum penemuan goa pada tahun 1991 yang lalu, beliau mendapatkan firasat dalam mimpinya untuk menggali lubang yang ada di dekat rumahnya. Kemudian didapatilah lubang tersebut adalah Goa Putri Kencana yang sekarang kita temui.

Di dalam Goa Putri Kencana ini memiliki beberapa ruangan dengan nama-nama yang berbeda-beda. Ada yang diberinama ruang pustaka, ruang Jumenengan, Ruang Kebudayan dan masih ada beberapa ruangan lainnya.

Masih menurut Bapak juru kunci, bahwa dia juga diberi isyarat dari mimpi dan menunjukkan bahwa salah satu tempat yang ada di Goa Putri Kencana ini merupaka tempat bertapanya Raja Brawijaya V pada masa lampau.

Selain sebagai tempat wisata, Goa Putri Kencana ini juga dijadikan wisata religi bagi mereka yang percaya dan ingin berdoa di Goa ini.

Jika kalian menginginkan liburan yang berbeda dari biasanya silahkan coba untuk mengunjungi Goa Putri Kencana di Wonogiri ini.

Selamat Berlibur !

Baca Juga Artikel tentang tempat wisata di Wonogiri Lainnya :




Goa Putri Kencana Wonogiri, Tempat Bertapanya Raja Brawijaya V Goa Putri Kencana Wonogiri, Tempat Bertapanya Raja Brawijaya V Reviewed by panorlens on 14:30 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.