Soko Gunung, Menara Pandang Pemantau Keindahan Kota Wonogiri

Akhir-akhir ini banyak bermunculan tempat-tempat wisata menarik di sekitaran Kabupaten Wonogiri. Jika ditelusuri lebih dalam, Kabupaten Wonogiri memiliki tempat wisata yang sangat komplit. 

Dari ujung selatan ada Pantai Nampu dan Pantai sembukan. Ada juga Waduk Gajah Mungkur yang terkenal itu. Yang terakhir mulai naik popularitasnya adalah obyek wisata Soko Gunung yang letaknya tidak jauh dari Bukit Gantole

soko gunung wonogiri
Foto Milik @sokogunung
Soko Gunung ini sendiri memiliki ketinggian yang cukup tinggi, yaitu 780 mdpl. Dari menara pandang Soko Gunung ini, kalian dapat menikmati keindahan kota Wonogiri sampai kota Sukoharjo, serta pemandangan Waduk Gajah Mungkur dengan landscape yang luar biasa indah.

Jika diartikan ke bahasa Indonesia, Soko itu bisa diartikan tiang penyangga dan gunung ya gunung. Soko Gunung mungkin bisa diartikan tiang penyangga gunung. Untuk arti secara filosofisnya kami kurang tau, jika kalian tau boleh berkomentar di bawah.



Lokasi Soko Gunung ini berada di desa Soko Gunung, Wonogiri, Jawa Tengah. Jalan menuju tempat ini sama ketika kalian ingin menuju ke Bukit Gantole. Kalian tinggal mengikuti petunjuk yang sudah disediakan oleh masyarakat untuk menuju Soko Gunung ini.

Untuk mempermudah, kalian bisa menggunakan koordinat google map di bawah ini.


Kami sangat yakin, kalian tidak akan kesulitan menemukan tempat ini. Sayangnya, tidak ada kendaraan umum yang dapat menjangkau tempat ini, jadi kalian harus menggunakan kendaraan pribadi jika tidak ingin berjalan dari jalan raya Wonogiri menuju Soko Gunung ini. 

Hal yang harus menjadi perhatian kalian, persiapkan kendaraan kalian secara prima. Karena jalan menuju Soko Gunung ini cukup menanjak jadi pastikan kalian tetap berhati-hati saat mengendarai kendaraan.

soko gunung wonogiri
Foto Milik @sokogunung
Bagi kalian yang suka camping, kalian dapat mendirikan tenda di Soko Gunung ini, asalkan telah mengantongi izin dari warga sekitar terlebih dahulu. Karena dengan ketinggian 780 mdpl, kalian sudah dapat merasakan hawa sejuk seperti berada di pegunungan kala pagi hari. Tempat ini juga punya spot sunrise yang juara

Sedikiti menambahkan, untuk sampai ke menara pandang Soko Gunung ini kalian harus melakukan perjalanan mendaki sebentar. Hanya akan membuat kalian sedikit berkeringat. 

Untuk menikmati Soko Gunung ini hanya dibebankan membayar parkir sebesar Rp 2.000 saja. 

Selamat Berlibur !!

Baca Juga Artikel tentang tempat wisata di Wonogiri Lainnya :

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © Panorlens. Designed by OddThemes