Pura Pasek Karanganyar, Induk Dari Pura di Pulau Bali

Kalian pasti masih asing mendengar nama Pura Pasek di Kabupaten Karanganyar ini.

Karena memang tempat ini bukanlah sebuah tempat wisata yang dikomersilkan. 
Pura Pasek ini masih merupakan pura yang aktif dikunjungi oleh umat Hindu di sekitaran Kabupaten Karanganyar.

Menurut babad tanah Bali, Pura Pasek ini merupakan induk dari pura-pura yang ada di Pulau Bali.

Unik ya !!
Pura Pasek Karanganyar
Foto Milik @Yudhigugum
Meskipun tidak dikomersilkan, Pura Pasekan ini boleh dikunjungi oleh masyarakat umum, asalkan tidak mengganggu saat umat Hindu melakukan ibadah di pura ini.

Tempat ini juga sangat bagus untuk dijadikan spot foto. Kalian bisa merasakan suasana pulau Bali tanpa harus ke pulau Bali, di Karanganyar aja bisa. 

Akses menuju Pura Pasekan

Pura Pasekan ini terletak di Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

Aksesnya tidak jauh dari kota Surakarta (Solo) kurang lebih 1 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Untuk mencapai Pura Pasekan ini dari solo, kalian dapat memilih jalur arah ke Tawangmangu terlebih dahulu.

Sampai pasar Karangpandan, kalian akan menemui simpangan ke arah candi Cetho dan candi Sukuh, kalian harus belok ke kanan dan akan melihat papan penunjuk arah ke Pura.

Hal yang menarik di pura Pasekan ini, kalian bisa melihat pemandangan gunung Lawu dari kejauhan serta kalian akan mendapatkan udara yang sejuk khas pegunungan yang pasti jarang kalian temui di perkotaan.

Pura Pasek Karanganyar
Foto Milik @Yudhigugum
Menurut cerita, di sekitar pura ini terdapat makam Ki Ageng Pasek atau Pangeran Arya Kusuma yang merupakan salah satu menantu dari Raja Brawijaya V.

Salah satu alasan yang digunakan Paku Buwono XII yang merupakan Raja Keraton Surakarta membangun Pura ini menjadi megah. Karena silsilah raja-raja pada masa itu masih satu kaitan dengan Pangeran Arya Kusuma ini.

Dikutip dari situs pemkab Karanganyar, kemajuan berfikir di era sekarang ini membuat masyarakat Bali mulai mencari informasi tentang asal-usul para leluhurnya yang kebetulan berkaitan dengan pura Pasekan ini dan dipercaya sebagai induk pura-pura yang ada di Bali. Hal tersebut juga tertulis pada babadbali.

Selain di Pura Dasar Gelgel Klungkung Bali, masyarakat hindu juga melakukan ibadah Tirta Yatra di Pura Pasek ini.

Ketika kalian ingin mengunjungi pura ini, sangat disarankan menjaga perbuatan dan lisan.

Karena tempat ini merupakan tempat ibadah jadi harus saling menghormati ya !!

Selamat Berlibur.
Pura Pasek Karanganyar, Induk Dari Pura di Pulau Bali Pura Pasek Karanganyar, Induk Dari Pura di Pulau Bali Reviewed by panorlens on 16:29 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.