Tebing Breksi, Bekas Petambangan Yang Berseni Tinggi

Tebing Breksi dulunya adalah sebuah bukit kapur yang menjulang tinggi. 

Penambangan yang dilakukan bertahun-tahun menjadikan bukit tadi menjadi tinggal seperti tebing putih yang seakan tinggal mengunggu waktu untuk hilang dan hanya jadi cerita belaka.

Kemudian munculah larangan penambangan di area Breksi dari pihak pemerintah. Untunglah tebing Breksi ini ada di wilayah Jogja yang masyarakatnya kreatif dan punya jiwa seni tinggi. 

Larangan pemerintah untuk melakukan penambangan tidak mematikan kreativitas mereka. Banyak para penambang melakukan kegiatan pengukiran tebing-tebing sisa pertambangan yang akhirnya terbentuklah wajah Tebing Breksi seperti saat ini.

Menurut beberapa informasi, bukit-bukit kapur yang ada di kawasan Breksi ini adalah hasil endapan abu vulkanik dari gunung Api Purba di Nglanggeran. 

Hal tersebut yang mendasari penutupan, karena bukit kapur di kawasan Breksi ini adalah cagar budaya yang harus di lestarikan.

Tebing Breksi Yogyakarta atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Taman Tebing Breksi ini sudah resmi ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Gubernur Yogyakarta Sultan HB X Sejak bulan Mei tahun 2015. Sejak adanya peresmian tersebut lokasi Tebing Breksi ini mulai berbenah.

Pahatan-pahatan sisa pertambangan dihaluskan dan diberi sentuhan seni dengan berbagai ukiran yang unik, membuat tempat ini semakin indah dan menarik. 

Keunikan Tebing Breksi saat ini semakin bertambah, karena di area tebing terdapat seperti panggung pagelaran dilengkapi dengan tribun penontonnya. Beberapa kali Tebing Breksi ini digunakan untuk beberapa pagelaran pertunjukan seni.
Foto Milik @dariandsp
Aktivitas pemahatan dilakukan secara manual oleh para profesional. Jika kalian berada di tebing Breksi ini, kalian serasa berada di Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang ada di Bali. 

Melihat keindahan yang ditawarkan, akhir-akhir ini tebing Breksi ini menjadi salah satu tempat wisata yang sedang ramai dikunjungi para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun turis asing.

Kemudahan akses menjadi salah satu hal yang membuat para wisatawan tertarik mengunjungi Tebing Breksi ini. 

Berlokasi di Sambirejo, Prambanan, Yogyakarta membuat tempat ini sangat terjangkau dan tidak memerlukan waktu yang lama jika di akses dari kota Yogyakarta. 

Hal yang masih kurang adalah tidak ada fasilitas transportasi umum yang dapat menjangkau Tebing Breksi. Padahal di kawasan desa Sambirejo ini Cukup banyak tempat wisata salah satunya Candi Ijo yang terletak tidak jauh dari Tebing Breksi.

Akses Menuju Lokasi Tebing Breksi

Untuk menuju lokasi tebing Breksi, jika dari kota Jogja, kalian harus menuju ke arah Candi Prambanan terlebih dahulu. Pertigaan sebelum Candi atau pertigaan pasar Prambanan kalian belok kanan mengambil arah ke Piyungan. Tinggal ikuti jalan tersebut sampai ada petunjuk menuju ke arah Candi Ijo. Kalian tinggal mengikuti petunjuk tersebut sampai menemukan Tebing Breksi di kiri jalan.



Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mengakses Tebing Breksi ini. Namun kondisi jalan yang cukup menanjak akan membuat waktu tempuh agak sedikit lama. Karena jalan cukup menanjak dan ada beberapa jalan yang rusak, pastikan terlebih dahulu kendaraan kalian dalam kondisi yang prima. Untuk menghindai hal-hal yang tidak diinginkan.

Foto Milik @dariandsp
Kalian juga bisa menaiki hingga puncak Tebing Breksi ini. Dengan cara menaiki tangga yang telah di pahat dari bagian tebing pada sisi timur tebring Beksi. Dari atas kalian bisa melihat kota Jogja dari kejauhan.

Hal yang perlu diperhatikan, Tebing Breksi ini memiliki cuaca yang sangat panas dan gersang apa lagi pada saat siang hari. Karena bekas tambang, membuat tebing ini minim sekali pepohonan yang dapat kalian gunakan untuk berteduh.

Sudah mulai tertarik mengunjungi Tebing Breksi ?

Ya sudah langsung saja ke sana. Selama Berlibur !!
Tebing Breksi, Bekas Petambangan Yang Berseni Tinggi Tebing Breksi, Bekas Petambangan Yang Berseni Tinggi Reviewed by panorlens on 13:50 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.