Berwisata Ke Hutan Pinus Mangunan, Bantul Yogyakarta

Jogja, memang selalu menawarkan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan beberapa tempat yang tidak terlalu terduga malah memiliki keindahan yang luar biasa.

Mungkin yang terlintas di pikiran kalian ketika mengunjungi Jogja adalah mengunjungi Malioboro, Kraton Yogyakarta atau pantai Parangtritis. 

Tapi kali ini kalian akan kami ajak untuk mengunjungi sebuah hutan pinus  yang berlokasi di kawasan Bantul. Berada di kawasan pebukitan Dlingo. Hutan Pinus yang lebat ini seakan memanggil-manggil untuk dikunjungi.
Hutan pinus mangunan, imogiri, jogja
Foto Milik @dariandsp
Orang-orang menyebut Hutan Pinus ini dengan nama Hutan Pinus Mangunan. Ada pula yang menyebutnya dengan Hutan Pinus Imogiri.

Hutan Pinus ini disebut Hutan Pinus Mangunan Karena, daerah hutan pinus ini berada di kawasan mangunan dan tidak jauh juga dengan Kebun Buah Mangunan. 

Jika dilihat sekilas, Hutan Pinus Mangunan ini mirip dengan kawasan hutan pinus di Pacific Northwest. Hanya saja yang membedakan tidak ada kabut-kabut tebal di Hutan Pinus Imogiri ini.

Hutan Pinus Mangunan ini merupakan bagian dari Resort Pengolahan Hutan (RPH) Mangunan. Tumbuhan Pohon Pinus disini merupakan jenis Pinus Merkusii. 

Area Hutan Pinus ini seakan memiliki magis yang akan membuat hati kalian merasakan ketenangan dan hilang semua kepenatan. 

Meskipun dikenal dengan Hutan Pinus, di area seluas 500 Ha ini kalian akan menemukan beberapa jenis pepohonan lain seperti, Pohon Mahoni, Pohon Akasia, Kemiri dan Kayu Putih. Jika melihat dulunya, kawasan ini merupakan kawasan yang tandus sebelum akhirnya diadakan reboisasi di wilayah ini.

Keindahan Hutan Pinus ini adalah di barisan pohon pinus yang berjajar rapi.  Bagi kalian yang sangat hoby dengan Fotografi kalian akan dimanjakan di hutan ini, karena banyak sekali spot-spot foto yang tidak terduga di sini.

Ada beberapa orang yang sudah menggunakan lokasi Hutan Pinus Mangunan ini sebagai lokasi pre wedding mereka. 

Bahkan sekarang juga sudah ada fasilitas untuk kalian yang ingin mengadakan acara pernikahan dengan konsep alami, kalian bisa menyewa lokasi Hutan Pinus Mangunan ini.

Akses Jalan Menuju Hutan Pinus Mangunan Jogja

Lokasi Hutan Pinus Mangunan ini berada di Desa Dlingo, Mangunan, Bantul. Untuk menuju tempat ini kalian hanya harus menuju ke arah makam para raja-raja Imogiri. Karena memang arahnya searah.

Dari makam Imogiri kalian hanya harus mengikuti jalan saja hingga sampai di kawasan Hutan Pinus Mangunan ini. Jika masih belum paham, kalian bisa mengikuti Peta lokasi Hutan pinus di bawah ini :



Ikuti petunjuk arah ini :

Dari Kota Jogja ke Jalan Imogiri Timur - Kemudian Pertigaan Imogiri Belok Kiri arah Makam Raja - Sampai pertigaan belok kanan ke arah Mangunan - Pertigaan Mangunan belok ke arah kiri dan sampailah ke Hutan Pinus Mangunan

hutan pinus mangunan, bantul, jogja www.panorlens.com
Foto Milik @dariandsp
Meskipun disebut sebagai hutan, lokasi ini sudah memiliki beberapa fasilitas yang cukup memadai. Di sekitar Hutan Pinus ini juga sudah dilengkapi dengan musola, toilet serta ada beberapa warung sederhana.

Untuk fasilitas wisata, di Hutan Pinus ini terdapat gardu pandang yang dapat kalian gunakan untuk melihat hutan pinus ini dari ketinggian.

Kemudian terdapat persewaan hammock, bagi kalian yang ingin bersantai-santai di antara rindangnya pepohonan bisa menggunakan fasilitas ini. Di hutan ini juga terdapat panggung pertunjukan.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

Harga tiket masuk Hutan Pinus Mangunan ini masih Gratis (Harga dapat berubah).

Kalian hanya dibebankan membayar biaya parkir saja sebesar Rp 3.000 untuk Motor sedangkan Rp 10.000 untuk mobil.

Selamat Berlibur !!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Berwisata Ke Hutan Pinus Mangunan, Bantul Yogyakarta "

Post a Comment