Air Terjun Randusari Bantul, Air Terjun Di Jogja Yang Masih Tersembunyi

Air Terjun Randusari ini merupakan salah satu tempat wisata di daerah Jogja. Akhir-akhir ini daerah Bantul mulai memunculkan tempat-tempat wisata alam yang cukup indah dan bisa jadi alternatif wisata alam jika kalian sedikit bosan dengan tempat wisata yang sudah terkenal di Jogja. Tempat ini masih sangat sepi, karena belum banyak yang mengetahui lokasinya. Sangat pas buat kamu yang suka menyendiri di alam tanpa terganggu kehadiran banyak orang.
Foto milik @kristihansa
Air terjun Randusari ini adalah salah satu contoh air terjun yang musiman. Karena debit airnya sangat banyak pada saat musim penghujan, namum pada saat musim kemarau air terjun ini memiliki debit air yang sangat kecil. Air terjun ini sangat dekat dengan obyek wisata hutan pinus dan bukit Becici. Jadi, air terjun Randusari ini bisa dijadikan tempat alternatif liburan kalian.

Daya tarik utama air terjun ini adalah bentuk air terjunnya seperti air terjun kembar. Karena ada dua sumber air terjun yang mengalir bersebelahan. Tempat ini masih sangat asri dan dikelilingi banyak pepohonan rindang yang akan membuat kalian betah berlama-lama di tempat ini.

Air Terjun ini awalnya hanya digunakan sebagai sumber pengairan sawah dan perkebunan milik warga. Karena melihat adanya potensi wisata, maka disulaplah air terjun ini menjadi lebih indah. Salah satu yang dilakukan oleh warga sekitar yaitu membuat kolam buatan di dasar air terjun yang dapat kalian manfaatkan untuk berenang.


Akses Menuju Air Terjun Randusari

Lokasi air terjun Randusari ini terletak di Desa Jatimulyo, kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Jika kalian melewati via Imogiri, kalian harus menuju arah Puncak Becici terlebih dahulu. Setelahnya kalian akan menemukan petunjuk arah menuju air terjun Randusari ini.

Jika kalian masih bingung bisa mengikuti koordinat Google map di bawah ini


Ketika kalian sampai pada tempat parkir yang disediakan oleh warga. Kalian harus berjalan kaki setidaknya 200 meter sebelum sampai pada lokasi air terjun.  Disana kalian bebas untuk berenang dan berbasah-basahan. Tidak usah kawatir, karena fasilitas kamar mandi dan tempat sampah juga sudah disediakan warga sekitar.

Jika kalian merasa malas untuk bermain air, kalian bisa bersantai-santai dengan duduk-duduk di hammock yang tempatnya berada dibawah rimbunnya pepohonan. Satu hal yang harus diperhatikan saat mengunjungi Air Terjun Randusari ini kalian harus menjaga kebersihan agar tempat ini selalu bersih dan alami.

Selamat Berlibur !!
Air Terjun Randusari Bantul, Air Terjun Di Jogja Yang Masih Tersembunyi Air Terjun Randusari Bantul, Air Terjun Di Jogja Yang Masih Tersembunyi Reviewed by panorlens on 16:04 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.