Coban Sewu, Air Terjun Cantik di Perbatasan Malang dan Lumajang

Apa yang kalian ketahui tentang tempat wisata di daerah Lumajang ?

Gunung Semeru yang termasyur ? B29 dengan latar gunung Bromo di belakangnya ?

Mungkin diantara kalian masih sangat asing mendengar nama Coban Sewu ini. Karena memang tempat ini masih tergolong baru dibuka dan belum terlalu dipromosikan.

coban sewu lumajang
foto milik @hapsarypewe
Jika kalian pernah berkunjung di sekitar Lumajang, pasti akan sering mendengar obyek wisata B29 atau Goa Tetes.

Jika kalian pernah mendengar tentang tempat itu, beruntunglah karena obyek wisata Coban Sewu ini tidak terlalu jauh dari kedua obyek wisata tadi.

Nama Coban Sewu diambil dari kata Sewu yang berarti seribu. Hal itu tidak berlebihan karena jika dilihat dari atas, kalian seperti melihat banyak sekali air terjun sampai sampai bingung berapa jumlah air terjun ini sebenarnya.

Lokasi untuk menikmati Coban Sewu terdapat dua sisi. Sisi pertama yaitu terletak di Dusun Jagalan, Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang.

Sedangkan sisi satunya berada Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang


Akses Menuju Coban Sewu :

Aksesnya cukup mudah. Ketika kalian dari Malang ambil arah Lumajang terlebih dahulu.

Kemudian ketika kalian sampai di Tugu perbatasa Malang dengan Lumajang kalian ambil lurus sekitar 100 m kemudian gang menurun kalian ambil ke kanan.

Lalu kalian hanya harus lurus terus sampai bertemu dengan sungai. Setelah itu kalian harus berjalan kaki sekitar 200 meter untuk mencapai air terjun yang megah ini.

Spot terbaik untuk melihat air terjun ini adalah dari atas tebing yang sudah disediakan. Tetapi jika kalian ingin menikmati air terjun ini dari bawah kalian juga bisa menjangkaunya yaitu dengan menuruni melalui goa Tetes terlebih dahulu.

Jalur penurunannya cukup berbahaya. Sangat tidak disarankan bagi kalian yang tidak terlalu menyukai kegiatan outdoor yang menantang.

Tiket masuk tempat wisata Coban Sewu ini cukup murah hanya sebesar Rp 5.000 saja.

Ketika berniat mengunjungi Coban Sewu ini hal pertama yang harus kalian siapkan adalah fisik kalian. Karena jalurnya cukup menantang dan sedikit membutuhkan tenaga ekstra.

Kalian juga harus melakukan prediksi terhadap cuaca, jika kalian mengunjungi coban ini dalam keadaan hujan, sudah dipastikan perjalanan kalian akan lebih memakan waktu lagi karena jalur menjadi licin.

Bagaimana tertarik mengunjungi Coban Sewu ?

Selamat berlibur !

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © Panorlens. Designed by OddThemes