Bukit Sikunir Dieng Tempat Terbaik Bagi Kalian Pemburu Sunrise

Siapa yang tak kenal dengan Dieng. Popularitas dataran tinggi ini bisa dikatakan hampir setara dengan komplek wisata seperti Bromo atau Ijen. 

Bedanya dari dataran tinggi lain, Dieng tidak memiliki gunung berapi yang aktif tetapi di sini terdapat kawah gas dengan bau belerang yang sangat menyengat. Uniknya kawah tersebut sering berpindah-pindah di beberapa tempat di wilayah Dieng ini.

Selain kawah, dataran tinggi Dieng juga menawarkan spot berburu golden sunrise yang aduhai. Tempat tersebut bernama Bukit Sikunir.


bukit sikunir
Foto Milik @dariandsp
Bukit Sikunir Dieng ini merupakan salah satu destinasi andalan di kawasan Dataran Tinggi Dieng atau sering juga di sebut Dieng Plateu. Tempat ini sudah sangat termasyur baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal yang membuat bukit Sikunir ini makin hari makin ramai adalah karena keindahan yang ditawarkan memang benar-benar memanjakan mata.

Bukit Sikunir ini terletak di desa Sembungan dan memiliki ketinggian 2.370 mdpl. Cukup tinggi untuk sebutan bukit. Tapi jangan risau, karena ketinggian dari Dieng Plateu sendiri sudah 2.000 mdpl, jadi untuk mendapatkan momen terbaik di Sikunir kalian tidak harus bersusah payah berjalan lama.

Panorama utama yang ditawarkan adalah keindahan matahari terbitnya, jika dalam bahasa kerennya disebut Golden Sunrise. Hal yang membuat momen matahari terbit di Bukit Sikunir ini menjadi berbeda adalah landscape pemandangan alam yang sangat cantik dengan Gunung Sindoro sebagai aktor utamanya.

Sebenarnya dari bukit Sikunir ini kalian juga bisa melihat gunung-gunung lain dari kejauhan. Seperti Gunung Merapi dan Merbabu di kejauhan. Momen keindahan yang kalian dapati di Sikunir akan dibalut dengan nuansa dingin khas pegunungan yang akan membuat kalian sulit untuk melupakannya.

Akses Menuju Bukit Sikunir

Akses menuju Bukit Sikunir sebenarnya cukup mudah. Ketika kalian sampai kota Wonosobo, kalian harus menuju ke arah Dieng terlebih dahulu. Sampai pada pertigaan Dieng kalian bisa ambil arah kiri dan mengikuti jalan sampai kalian akan bertemu dengan gapura desa Sembungan, yang katanya Desa tertinggi di pulau Jawa itu. Ketika kalian sudah sampai gapura tersebut, tidak jauh dari situ kalian akan memasuki wilayah wisata Bukit Sikunir. Kalau masih bingung cek aja Map di bawah ini.



Akses jalan tidak terlalu sulit untuk mencapai Bukit ini, yang menjadi sedikit hambatan adalah beberapa jalan menuju Sikunir sedikit mengalami kerusakan. Terutama jalan sebelum memasuki gapura Sembungan.

Bukit Sikunir
Foto Milik @dariandsp
Nama Sikunir ini diambil dari nama tanaman yang bernama Kunir, karena cahaya matahari terbitnya berwana mirip seperti kunir yang memiliki warna kuning mendekati jingga. Selain Golden Sunrise-nya yang juara, di daerah bukit Sikunir ini juga menawarkan panorama menarik lainnya. Yaitu panorama dari telaga Cebong yang memiliki luas kurang lebih 10 hektar. Telaga ini akan kalian lintasi sesaat sebelum masuk area parkir Bukit Sikunir.

Sebelum mendaki bukit ini pastikan perlengkapan kalian lengkap. Selalu gunakan jaket karena suhu disana bisa berada antara 5-10 derajat celcius. Jangan lupa senter sebagai penerangan jalan kalian, karena di jalur menuju spot sunrise tidak ada penerangan, terlebih lagi kalian melakukan pendakian pagi-pagi buta. Sangat disarankan membawa masker jika kalian mengunjungi Bukit Sikunir pada musim kemarau, karena debunya bisa bikin sesak napas. 

Untuk mengurangi dingin kalian juga bisa beli kentang rebus yang bentuknya seperti Cilok kadang mirip seperti telur yang banyak bertebaran penjualnya di daerah Sikunir ini. 

Sudah mulai tertarik berkunjung ke Bukit Sikunir Dieng ?

Sudah liburan saja dulu sana. Selamat berlibur 
Bukit Sikunir Dieng Tempat Terbaik Bagi Kalian Pemburu Sunrise Bukit Sikunir Dieng Tempat Terbaik Bagi Kalian Pemburu Sunrise Reviewed by panorlens on 08:19 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.