Air Terjun Jumog Karanganyar, Air Terjun Yang Sempat Hilang

Air Terjun Jumog Karanganyar, adalah salah satu wisata andalan di daerah Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

Sumber air terjun Jumog yang berasal dari pegunungan membuat air dari air terjun ini terasa sangat segar.

Terlebih lagi Cuaca yang sejuk karena berada di kaki gunung lawu.

Akan membuat kalian nyaman dan semua beban kehidupan sehari-hari serasa hilang.
Air Terjun Jumog Ngargoyoso
Foto milik @kristihansa
Memang benar Air Terjun Jumog ini masih kalah tenar dengan Grojogan Sewu di Tawangmangu. Karena memang pihak pemerintah Karangnyar menjadikan Grojokan Sewu dan kawasan Tawangmangu sebagai tempat wisata andalan mereka.

Tetapi jika kalian bandingkan keindahan dari keduanya, air terjun ini memiliki keindahan yang sama menakjubkan.

Hal yang membuat Air Terjun Jumog lebih nyaman dikunjungi adalah kalian tidak perlu menuruni anak tangga sebanyak di Grojokan Sewu Tawangmangu.

Lokasi Air Terjun Jumog ini sendiri berada di daerah desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah. Jika diakses dari Kota Solo kurang lebih jarak air terjun ini sekitar 40 km, atau sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Solo dengan kendaraan pribadi.

Daerah Ngargoyoso ini juga terkenal dengan beberapa tempat wisata. Selain Air Terjun Jumog, di Ngargoyoso kalian juga dapat mengunjungi air terjun lainnya yaitu Air Terjun Parang Ijo.

Akses Air Terjun Jumog

Akses air terjun Jumog Karanganyar ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Jika kalian berencana mengunjungi Jumog dengan kendaraan pribadi, kalian tidak akan menemui kesulitan, selain jalan yang cukup menanjak. 

Hal yang menyulitkan adalah, jika kalian seorang Backpacker yang mengandalkan trasportasi umum, Jumog agak sedikit sulit untuk dijangkau karena minimnya transportasi menuju ke sana.

Rute yang harus kalian lewati untuk menuju ke Air Terjun Jumog adalah seperti dibawah ini :

Dari Solo kalian harus mencari arah ke Karanganyar. Banyak penujuk jalan yang akan mengarahkan kalian ke Karanganyar, jika tidak menemui coba petunjuk arah menuju Surabaya.

Setelah sampai ke kota Karanganyar kalian harus mengikuti arah menuju ke Tawangmangu.

Ikuti jalan-jalan yang sedikit menanjak dan berkelok. Tidak sampai Tawangmangu kalian akan bertemu papan petunjuk untuk menuju Kemuning, Candi Cetho dan Candi Sukuh, yang ditandai dengan gapura besar di kiri jalan.

Setelah memasuki gapura tersebut kalian ambil arah ngargoyoso yaitu belok kanan dan sedikit menanjak. Ikuti saja jalur tersebut nanti kalian akan sampai di Air Terjun Jumog.

Jika kalian masih bingung rute air terjun Jumog dari solo, Kalian dapat melihat peta lokasi Jumog dari Google dibawah ini : 




Jika kalian mengikuti rute yang kami paparkan tadi ditambah peta dari Google, kemungkinan sangat kecil bagi kalian untuk kesasar atau tidak menemukan lokasi air terjun Jumog ini.

Air Terjun jumog ngargoyoso
Foto milik @kristihansa
Air Terjun Jumog ternyata juga dijuluki surga yang hilang. Karena sebelum dibuka pada sekitar tahun 2004, Air Terjun Jumog ini masih tertutup semak belukar yang seakan menutupi keindahannya.

Berkat kerja keras dan inisiasi warga sekitar Desa Berjo, air terjun ini ditemukan kembali dan dirawat sehingga menjadi sangat indah seperti saat ini.

Harga tiket masuk air terjun Jumog ini juga masih terbilang sangat murah hanya Rp 5.000 saja perorang. (Jika harga belum naik)

Akan lebih asik lagi, menikmati gemricik air dengan ditemani seporsi sate kelinci khas Tawangmangu. Pasti akan membuat kunjungan kalian ke Air Terjun Jumog terasa lebih berkesan.

Bagaimana, sudah mulai penasaran untuk mengunjungi Air Terjun Jumog Karanganyar ini ?

Sudah liburan saja dulu.

Selamat Berlibur !!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Air Terjun Jumog Karanganyar, Air Terjun Yang Sempat Hilang"

Post a Comment