Berpetualang Ke Air Terjun Njurug Gede Gunung Kidul

Gunung Api Purba Langgeran adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di kawasan Yogyakarta, terutama di wilayah Gunungkidul. 

Tetapi kita tidak akan membahas Gunung Api Purba tersebut, kami akan mengajak kalian berpetualang ke air terjun yang masih sedikit dikunjungi wisatawan tetapi memiliki keindahan dan sangat mengasyikkan. Air terjun tersebut bernama Njurug Gede.
Foto milik @kristihansa

Air terjun ini sebenarnya mengandalkan dari debit air hujan, sumber airnya berasal dari aliran sungai Gambyong, Patuk Gunung Kidul. Jadi sangat dianjurkan kalian mengunjungi Curug Gede ini pada saat musim penghujan, karena debit airnya sangat deras. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 30 Meter. Jadi bisa dibayangkan keindahannya.

Berada di tengah hutan yang masih terjaga dan alami membuat air terjun Njurug Gede ini semakin asik untuk dikunjungi. Dengan rindangnya pepohonan dan terpaan serpihan air dari air terjun akan membuat kalian betah berada di sana.

Untuk mencapai air terjun, kalian harus berjalan kaki terlebih dahulu. Kalian harus berjalan menyusuri persawahan, kemudian kalian akan menemukan beberapa tanjakan dengan pegangan bambu atau tali sebagai penguat kalian ketika menanjak. Tapi hal tersebut akan sangat terbayarkan ketika kalian sampai di lokasi Air terjun Njurug Gede ini.

Cara Menuju Lokasi Njurug Gede

Lokasi Njurug Gede ini berada di daerah dusun Gembyong, Desa Ngoro-oro, Patuk, Gunungkidul. Seperti yang kami bilang di awal, lokasi Njurug Gede ini tidak jauh dari Gunung Api Purba Langgeran. Jadi jika kalian sudah pernah mengunjungi Gunung Api Purba kami rasa kalian tidak akan merasa kesulitan.

Jika kalian belum pernah mengunjungi Gunung Api purba, kalian bisa mengikuti petunjuk ini. Dari Jogja kalian harus menuju kawasan Wonosari terlebih dahulu. Sampai perempatan Patuk ambil arah kiri menuju ke arah Ngoro-oro sampai tower Televisi. Kemudian Sampai perempatan Nglanggeran ambil arah kiri, ikuti jalan tersebut nanti kalian akan dipandu petunjuk jalan menuju lokasi air terjun.

Jika masih bingung juga, ikuti saja map dibawah ini.

Foto milik @kristihansa

Air Terjun Njurug Gede ini bisa menjadi destinasi lanjutan bagi kalian yang sudah selesai mengunjungi wisata Gunung Api Purba. Habis panas-panas di Gunung Api Purba kalian bisa mendinginkan pikiran kalian di air terjun ini.

Ingat, ketika kalian mengunjungi Air Terjun Njurug Gede ini diharapakan untuk selalu menjaga kebersihan dan jangan sekali-kali membuang sampah sembarangan. Agar Air Terjun ini tetap terjaga dan alami.

Selamat Berlibur !

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © Panorlens. Designed by OddThemes