Ratu Boko Yogyakarta Yang Penuh Kedamaian

Ratu Boko adalah salah satu tempat pariwisata yang harus kalian kunjungi selain ikon pariwisata kota Jogja lainnya seperti Malioboro, Kraton Jogja dan Prambanan.

Mungkin banyak yang masih mengira kalau Ratu Boko adalah Sebuah candi seperti Prambanan atau Borobudu yang kebetulan masih dikelola oleh satu PT yang sama.

Padahal yang sebenarnya, 
Ratu Boko adalah sebuah Istana yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaranyang masih keturunan Wangsa Syailendra.


Ratu Boko Yogya
Gapura Kraton Ratu Boko
Istana Ratu Boko ini pada awalnya bernama Abhayagiri Vihara yang artinya biara di bukit yang penuh Kedamaian.

Percaya tidak percaya sih, ketika kalian mengunjungi Ratu Boko pasti kalian akan merasa damai dan tenang.

Kecuali pas siang hari sih, Panas banget !!!

Ratu Boko ini terletak di ketinggian 196 meter di atas permukaan laut. Dengan memiliki luas 250.000 Meter Persegi.

Dengan areal seluas itu lumayan buat kaki kamu pegel. Biar nggak tersesat, nih cek peta area Keraton Ratu Boko.

ratu boko yogya

Ratu Boko adalah sebuah istana atau dalam bahasa jawanya disebut Keraton. 

Karena yang namanya keraton pasti ada pendoponya, tapi berbeda dengan pendopo di kraton-kraton di jawa yang berkonsep seperti bangunan joglo. 

Pendopo di Ratu boko ini berbentuk seperti benteng dan untuk memasukinya harus melewati pintu dari batu. 

Ketika memasuki areal pendopo ini, lebih terlihat seperti arena pertarungan daripada pendopo. 
Kayak gini nih bentuk pendoponya

Ratu Boko Yogya
Pendopo Ratu Boko
Sudah lihat aadc 2 ? 

Pas Rangga ngajakin Cinta jalan-jalan di ratu boko ?

dan kata si Rangga tempat ini adalah favorit dari ayahnya.

Kebetulan mereka berdua duduk-duduk di sebelah tempat yang bernama Keputren.

Wilayah yang dinamai Keputren ini terdapat kolam-kolam yang konon menurut legenda adalah tempat pemandian raja dan permaisurinya.

Ohya FYI aja sih, kalo di area tempat wisata Ratu Boko ini masih ada beberapa warga yang menetap di sana.

Penduduk di area Ratu Boko ini memanfaatkan halaman rumahnya sebagai tempat jualan. 

Konon katanya masih belum ada kesepakatan antara pengelola Ratu Boko dengan para warga, hal itu yang menyebabkan masih ada warga yang tidak mau pindah. 

Tidak jauh dari Ratu Boko juga terdapat beberapa candi, salah satunya Candi Ijo selengkapnya di sini
Ratu Boko Yogya
Keputren Ratu Boko

Kalian ingin tau akses untuk menuju ke Ratu Boko ?

Sebenarnya cukup mudah untuk menuju ke situs ini. jika kalian dari kota jogja, cari arah ke Prambanan.

Lampu merah sebelum Prambanan kalian belok ke kanan dan tinggal ikuti penunjuk arah saja. 
Jika kalian pertama kali mengunjungi tempat ini, 

Jangan kaget karena memang jalan untuk sampai Ratu Boko harus melewati jalur pedesaan yang lumayan sempit.

Tiket masuk di Ratu Boko dengan tiket yang reguler cukup murah, hanya Rp 25.000 sudah termasuk parkir.

Tetapi, harga tiket itu hanya berlaku sampai pukul Tiga sore. 
Jika kalian membeli tiket di ratu boko pada pukul tiga lebih satu menit, kamu akan dikenakan tarif tiket Ratu Boko sunset dengan harga Rp 70.000. 

Kok beda harga tiketnya ?

Ya, karena memang daya tarik utama dari Ratu Boko adalah Sunsetnya. 
Sama seperti di Borobudur yang memiliki tiket tersendiri untuk menikmati sunrise di sana.

Tenang, Dengan Harga tiket segitu, kalian sudah mendapatkan Kopi/Teh, dan makanan di Ratu Boko Resto. 

Keterangan lebih lanjut kalian bisa lihat di situs resminya Ratu Boko di sini.

Jadi setelah baca ini, kapan kamu berencana untuk ke sini ?


Selamat Berlibur !!
Ratu Boko Yogyakarta Yang Penuh Kedamaian Ratu Boko Yogyakarta Yang Penuh  Kedamaian Reviewed by panorlens on 00:35 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.