Pesona Panorama Pendakian Gunung Merbabu

Bagi kalian yang doyan mendaki gunung Merbabu tidak akan asing lagi.

Karena Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung yang diidolakan para pendaki.

Daya tarik jalur pendakian yang cukup menantang, bukit-bukit dan tanjakan seakan tak habis-habis menjadi candu. Apalagi panorama alamnya yang akan membuat mata terpesona.

Panorama Gunung Merbabu memang terkenal indah, Kali ini kita akan menyelidiki panorama Gunung Merbabu dari jalur pendakian Selo, Boyolali.

Gunung Merbabu
Jalur menuju puncak Merbabu

Jika kalian memulai pendakian dari basecamp Selo, kalian akan memasuki area hutan sampai kalian mencapai pos 2.

Jalur dari basecamp ke pos 1 dan 2 bisa dibilang masih santai dan tidak akan menguras tenaga, jika kalian melakukan pendakian pada siang hari, pada posisi ini kalian akan diuntungkan karena tidak harus berhadapan dengan panasnya matahari.

Setelah itu kalian akan menuju ke daerah yang bernama Watu Tulis. 

Disini kalian akan menemukan tanah yang cukup lapang dan kalian bisa beristirahat sebentar sebelum memulai treking lagi. 

Karena setelah Watu Tulis kalian akan menghadapi track yang cukup menanjak yang cukup menguras tenaga.


Sambil Istirahat kalian bisa melihat pemandangan seperti ini : 

Gunung Merbabu
Gunung Merapi Dari Kejauhan
Sudah cukup istirahatnya ?

Kita mulai lagi pendakian, kali ini sedikit menanjak untuk kita bisa sampai di pos Sabana 1.

Perlu diketahui jalur pendakian Merbabu dimulai dari daerah Watu Tulis sampai puncak itu didominasi sabana atau padang rumput yang luas.

Otomatis akan sangat panas jika siang hari. Lumayan menguras stamina jika harus menanjak ditambah dengan cuaca yang panas. 

Jadi banyak-banyak minum air biar nggak dehidrasi.

Kalo kalian sudah sampai Pos Sabana 1 bisa istirahat bentarlah, 
karena menuju pos berikutnya jalurnya masih nanjak lagi kayak gini nih : 

Gunung Merbabu
Area Sabana 1 Merbabu

Keliatan kan jalurnya yang masih jauh dan menanjak. 
Jangan patah semangat ya, ayo jalan lagi biar cepet sampai puncak. 

Pos berikutnya yang harus kita sambangi adalah Sabana 2.
Sebenarnya jaraknya tidak terlalu jauh dari sabana 1, tapi ya itu tadi nanjaknya yang bikin lama. 

Tapi tenang pemandangannya asik kok.

Jadi kamu nggak akan kerasa tau tau sudah sampai sini : 

Gunung Merbabu
Sabana II 

Jika kalian sampai tempat ini, berarti tinggal sebentar lagi kalian akan sampai puncak Gunung Merbabu.

Sabana 1 dan 2 biasanya jadi tempat para pendaki untuk mendirikan tenda. Karena daerah sabana 1 dan 2 cenderung datar jadi mempermudah pendaki untuk mendirikan tenda.

Dalam pendakian Gunung Merbabu kalian tidak dilarang untuk membawa barang dan peralatan kalian ke puncak, tetapi tidak sedikit juga yang meninggalkan barangnya di tenda karena mungkin akan mempermudah pendakian.

Untuk para pendaki pemula sih disarankan untuk meninggal barangnya di tenda atau kalian bisa baca tips untuk pendaki pemula untuk mempermudah dalam pendakian kalian.

Jalur menuju puncak Merbabu sedikit PHP, karena bentuk bukitnya yang seolah-oleah sudah paling terakhir dan dikira puncak, ternyata masih ada bukit lagi yang lebih tinggi. 

Tapi jangan patah semangat ya, pucuk tinggal sebentar.

Pucuk. . . Pucuk . . . . Pucuk !!!

Setelah beberapa tanjakan sampailah kalian disini 

Gunung Merbabu
Puncak Merbabu

Sampai juga di puncak merbabu. 

Merbabu punya dua puncak yaitu Puncak Kenteng Songo dan Puncak Syarif. Puncak Merbabu ini berada di ketinggian 3142 Mdpl.

Ohya jika kalian punya rencana mendaki gunung Merbabu, bawalah air yang cukup, karena cukup sulit mencari keberadaan mata air di jalur pendakian Merbabu.

Jadi kapan kamu mau ke Gunung Merbabu ?

Selalu jaga alam sekitarmu, agar alam Indonesia tetap lestari

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pesona Panorama Pendakian Gunung Merbabu"

Post a Comment